Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Maret, Proyek Monorel Bandung Masuk Tahap Lelang

Kompas.com - 06/03/2014, 18:53 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Akhir bulan Maret 2014, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bakal melelang proyek investasi pembangunan transportasi monorel. Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Ricky Gustiadi, proyek pembangunan monorel tersebut akan dilelang ke investor asing maupun lokal dalam waktu dekat.

"Lelang akan dilakukan akhir Maret atau awal April 2014," kata Ricky di Balai Kota Bandung, Kamis (6/3/2014).

Saat ini, lanjutnya, panitia lelang tengah menyusun dokumen-dokumen lelang yang di dalamnya terdapat hasil pra-studi kelayakan, izin tapak jalur (trase), penetapan tapak jalur, dan rencana bisnis yang telah dilakukan Dishub Kota Bandung.

"Lelang investasi oleh panitia lelang akan kita konsultasikan dengan pihak Bappenas dan Dirjen KA untuk persetujuan trasenya," ujarnya.

Ricky menambahkan, sarana transportasi monorel kota Bandung tahap pertama akan dibangun sebanyak dua koridor. Selain itu, setelah melakukan pra-studi kelayakan, Dishub Kota Bandung telah mendapatkan gambaran nilai investasi untuk proyek pembangunan dua koridor pertama.

"Nilai investasi di koridor satu 2,279 triliun, dan koridor dua estimasi yang kita buat 3,9 triliun. Jadi totalnya hampir 6 triliun," tambahnya.

Ricky menjelaskan, nilai estimasi tersebut sudah mencakup keseluruhan pembangunan sarana dan prasarana seperti jalur monorel, kereta, dan stasiun.

"Tapi itu masih hitungan kasar. Kita akan evaluasi kembali dengan perhitungan matang," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com