Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Protes Pelantikan Kepala Dusun, Warga Blokir Jembatan dengan Beton

Kompas.com - 06/03/2014, 10:50 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

PIRU, KOMPAS.com - Warga Desa Eti, Kecamatan Piru, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku, Kamis (6/3/2014), memblokade Jembatan Wai Eti di desa itu dengan cara membetonnya. Aksi blokade jembatan ini dilakukan warga sebagai bentuk protes atas proses pelantikan Kepala Dusun Reseplemen.

Salah seorang warga Eti yang dihubungi Kompas.com mengatakan bahwa warga marah dan memblokade jembatan karena pelantikan kepala dusun tersebut tidak diberitahukan kepada pemerintah desa setempat. Warga menilai, pelantikan kepala dusun itu dinilai melanggar aturan karena tidak melalui proses pemilihan sebelumnya.

“Kepala dusun secara diam-diam ditunjuk oleh camat tanpa pemilihan dan langsung dilantik tanpa sepengetahuan pemerintah desa Eti,” kata Y Pariela.

Menurut warga, pemerintah Kabupaten SBB dan pihak kecamatan tidak menghargai dan menghormati eksistensi pemerintah desa setempat.

“Bagi kami ini sebuah penghinaan. Kami ini desa adat mengapa kami tidak diindahkan, lalu mengapa prosesnya hanya pakai tunjuk-tunjuk,” kata dia.

Saat hendak dikonfirmasi Kompas.com dari Ambon, Kapolres SBB, AKB Syahbudin, tidak berhasil dihubungi. Namun, berdasarkan informasi yang dihimpun saat ini, aparat kepolisian masih terus bernegosiasi dengan warga setempat untuk membuka blokade tersebut.

“Iya, polisi masih terus berkoordinasi dengan warga untuk membuka blokade itu," ujar sumber tersebut.

Warga mengancam aksi tersebut akan terus dilakukan hingga camat setempat mau meninjau ulang proses pelantikan kepala dusun setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com