Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Lahar Hujan Merapi Putus Akses Dua Kecamatan di Klaten

Kompas.com - 06/03/2014, 04:21 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

KLATEN, KOMPAS.com — Lahar hujan dari Gunung Merapi menerjang Kali Woro, Klaten, Jawa Tengah, Rabu (5/3/2014). Aliran lahar itu memutus akses yang menghubungkan dua kecamatan di Klaten.

Dua kecamatan tersebut adalah Kecamatan Kemalang dan Manisrenggo. Lima akses penghubung kedua kecamatan terputus karena derasnya aliran lahar.

Lahar hujan mulai melintas sekitar pukul 17.00 WIB, menyusul hujan deras yang melanda puncak Gunung Merapi selama berjam-jam. Aliran lahar ini membawa beragam material dari pasir hingga batu besar.

Derasnya aliran lahar hujan kali ini sampai membuat dam Sabo di Kemalang meluap. Meski demikian, sebagian warga nekat melintasi dam yang sehari-hari juga menjadi jalur penghubung dua kecamatan.

“Akibat lahar ini semua akses menuju Kemalang atau Manisrenggo terputus. Lahar mencapai lebih dari 3 meter, warga nekat (melintas) karena tidak sabar menunggu lahar surut,” kata Siswanto, Kepala Desa Sukorini di Kecamatan Manisrenggo.

Sementara itu, lahar hujan dari Gunung Merapi juga menerjang empat sungai besar di Magelang, Jawa Tengah. Dua truk pasir dan satu backhoe terseret lahar tersebut.

Di Klaten, relawan SAR hingga saat ini masih berjaga dan memantau kondisi Kali Woro. Menjelang tengah malam, lahar hujan terpantau mulai surut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com