Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Delapan Kontainer Surat Suara Tiba di Sulbar

Kompas.com - 05/03/2014, 21:26 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis


POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Sebanyak 3.556.472 surat suara untuk DPR, DPD, DPRD 1, dan DPRD 2 untuk enam kabupaten di Sulawesi Barat tiba di Polewali Mandar.

Delapan truk dan dua kontainer yang dikawal ketat aparat Kepolisian Polda Sulselbar tiba di Gedung Kartini Bahari, Polewali Mandar, Rabu (5/3/2014).

Surat suara tersebut langsung didistribusi ke masing-masing setelah diserahkan secara simbolis kepada masing-masing KPU kabupaten.

Ketua-ketua KPU termasuk panwaslu dan para pejabat di Sulawesi Barat menyaksikan penyerahan surat suara kepada masing-masing KPU kabupaten.

Sebelum didistribusikan dan diantar langsung ke masing-masing kabupaten, dilakukan pemecahan kendi dari tanah berisi tujuh macam kembang.

Ritual keselamatan dimaksudkan agar truk-truk dan kontainer pengangkut surat suara yang akan menuju masing-masing kabupaten di Sulbar ini bisa tiba dengan selamat di perjalanan.

Total ada 3.556.472 surat suara masing-masing untuk sulbar 871.684 surat suara, Polewali Mandar 304.244 surat suara, Mamuju Utara 101.674 surat suara, Majene 105.643 surat suara, Mamasa 117.378 surat suara, dan Mamuju 242.743 surat suara.

Sementara kebutuhan logistik pemilu lainnya termasuk amplop surat suara dan formulir masih akan menyusul.

Ketua KPUD Sulawesi Barat, Usman Suhuriah, menyatakan, jumlah surat suara tersebut termasuk 2 persen surat suara tambahan.

"Kita berharap semua surat suara yang akan diantar ke masing-masing kabupaten bisa tiba di KPU kabupaten masing-masing. KPU menargetkan paling lambat 31 Maret 2014 mendatang semua logistik pemilu sudah siap didistribusikan ke masing-masing TPS," ujar Ketua KPUD Sulawesi Barat, Usman Suhuriah.

Beberapa daerah terpencil yang sulit dijangkau menjadi prioritas utama yang akan mendapatkan pasokan surat suara agar pemilu 9 April mendatang tetap bisa berjalan serentak dan lancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com