Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alat Berat dan Truk Hanyut Diterjang Banjir Lahar di Magelang

Kompas.com - 05/03/2014, 19:01 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Sebuah alat berat (back hoe) dan dua unit truk pengangkut pasir hanyut diterjang banjir lahar di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu (5/3/2014) sore. Banjir dipicu karena hujan deras yang mengguyur puncak Gunung Merapi sejak siang. Menurut Jangkung, salah satu relawan, banjir lahar menerjang empat sungai yang berhulu di Merapi, antara lain lain Sungai atau Kali Apu, Sungai Tringsing, Sungai Senowo dan Sungai Pabelan.

"Sebuah alat berat terseret sejauh tiga kilometer dari Kali Apu sampai sabo dam di Nglampahan, Kabupaten Boyolali. Kondisinya sudah hancur. Hanya ditemukan kepalanya saja," ujar Jangkung.

Sementara itu, satu truk pengangkut pasir terjebak arus banjir yang sangat deras hingga tertimbun material lahar. Satu truk lagi masih belum ditemukan hingga Rabu petang.

Jangkung menyebutkan, banjir yang menerjang dengan ketinggian sekitar dua meter dan lebar 25 meter itu mengakibatkan sabo dam oprit (penahan banjir yang berfungsi jembatan) terendam sehingga sementara belum dapat dilalui kendaraan roda empat. Banjir juga menerjang sabo dam oprit penghubung Desa Gondowangi dan Desa Gondosuli, Kecataman Muntilan yang memiliki ketinggian lima meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com