Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Didemo, Rektor Unsrat Manado Diberhentikan

Kompas.com - 04/03/2014, 14:59 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis


MANADO, KOMPAS.com
 — Setelah diguncang unjuk rasa, Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Donald Rumokoy, akhirnya diberhentikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh. Mendikbud kemudian menunjuk Wakil Menteri Bidang pendidikan Kemendikbud RI Musliar Kasim sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Rektor Unsrat mulai Selasa (4/3/2014).

Anggota Senat Welly Areros mengatakan, Kasim akan menduduki jabatan Plt Rektor sampai ada rektor baru yang dipilih melalui mekanisme pemilihan. Saat menyerahkan SK Mendikbud, Kasim berjanji akan segera menstabilkan suasana kampus Unsrat yang sempat bergejolak dan akan menyelenggarakan pemilihan rektor sesuai aturan yang ada.

Sebelumnya, unjuk rasa ratusan mahasiswa Unsrat diwarnai dengan aksi pelemparan batu ke Gedung Rektorat, Senin (3/3/2014). Beberapa kaca bagian depan gedung tersebut pecah. Dalam aksi tersebut, ada beberapa pengunjuk rasa terluka. Kapolda Sulut, Brigjen Jimmy Palmer Sinaga, turun langsung ke kampus Unsrat untuk meredam aksi unjuk rasa yang mulai mengarah pada tindakan anarkistis.

Aksi unjuk rasa ini merupakan rangkaian aksi unjuk rasa yang dilakukan mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Unsrat sebelumnya. Mereka menentang kebijakan rektor yang menetapkan Ralph Kairupan sebagai Dekan FK Unsrat. Menurut mereka, penetapan tersebut menyalahi peraturan. Namun, aksi kali ini juga diikuti oleh mahasiswa dari Fakultas Bahasa, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, dan Fakultas Ekonomi. Seorang pengunjuk rasa mengakui bahwa tuntutan mereka adalah mundurnya rektor.

“Kami tidak suka lagi dengan rektor, banyak kebijakan dan keputusannya yang merugikan Unsrat. Dia bertindak terlalu otoriter dan tidak mau mendengar aspirasi sivitas akademika,” ujar salah satu mahasiswa yang tidak mau disebutkan namanya.

Setelah mendapat tekanan dari pengunjuk rasa, rektor menggelar rapat dengan perwakilan pendemo. Dalam rapat tersebut, rektor mengumumkan bahwa Dekan FK Ralph Kairupan dan pembantu-pembantunya telah mengundurkan diri. Walaupun Dekan FK telah mengundurkan diri, tetapi para pendemo terus saja berunjuk rasa. Mereka tetap menuntut Rektor Unsrat Donald Rumokoy ikut mengundurkan diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com