Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut Sortir Surat Suara, Relawan Dibayar Rp 150 Per Lembar

Kompas.com - 03/03/2014, 15:26 WIB
Kontributor Pare-Pare, Darwiaty Ambo Dalle

Penulis


PAREPARE, KOMPAS.com — Sebanyak 104 relawan digandeng oleh KPU Kota Parepare, Sulawesi Selatan, untuk turut serta dalam penyortiran surat suara Pemilu 2014, Senin (3/3/2014). Setiap relawan diupah Rp 150 per lembar surat suara.

Mereka dibagi ke dalam 30 kelompok untuk menyortir surat suara untuk sekitar 97.900 pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pare-pare.

"Masing-masing relawan penyortir memiliki tugas yang telah dibagi. Ada yang khusus memeriksa kertas dari kerusakan hingga bagian lipat kertas suara," kata Ketua KPU Nadia kepada Kompas.com.

Ani, salah seorang relawan, mengaku, dirinya sudah dua kali menjadi relawan penyortir surat suara. Hasil yang didapatkan sebagai pelipat surat suara pun dianggapnya lumayan.

"Hitung-hitung mengisi waktu luang dan tambah-tambah penghasilan," ungkapnya.

Sementara itu, Nadia menambahkan, penyortiran sengaja dilakukan di luar kantor KPU karena keterbatasan tempat.

"Penyortiran kita pusatkan di Gedung To Malebbi dan melibatkan lebih dari seratus tenaga penyortir yang kita ambil dari kalangan keluarga staf KPU agar independensi KPU selaku penyelenggara pemilu mendatang, bisa tetap terjaga," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com