Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Gagalkan Penyelundupan 5 Ton Minyak Tanah Bersubsidi

Kompas.com - 01/03/2014, 14:36 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Polair Polresta Manado dan Direktorat Polair Polda Sulawesi Utara menggagalkan penyelundupan bahan bakar minyak tanah (mitan) bersubsidi, Sabtu, (1/3/2014). Polisi menyita lima ton mitan yang dikemas dalam 250 galon. Galon-galon itu disembunyikan di dalam kapal KM Theodora 2 yang tiba di Pelabuhan Manado sekitar pukul 07.00 WITA tadi pagi.

"Kami sudah mendapatkan informasi sebelumnya, bahwa kapal tersebut mengangkut mitan bersubsidi," ujar Kasat Polair Polresta Manado, Kompol MR Sianturi, di Manado, Sabtu.

Berbekal informasi tersebut, polisi mendatangi pelabuhan Manado begitu kapal sandar di dermaga. Ketika penumpang turun, polisi masuk ke dalam dan menggeledah kapal. Galon minyak tanah ditemukan tersebar di berbagai ruangan kapal.

"Minyak tanah ini berasal dari Ternate, Xanana, Namlea dan Halmahera. Mitan yang berasal dari daerah sana lebih murah dibandingkan dengan harga di Manado, karena masih disubsidi oleh pemerintah. Ketika beredar di Manado, harga mitan bisa mencapai tiga kali lipat per liternya dibandingkan dari daerah asal," ujar Sianturi. 

Barang bukti yang disita polisi dibawa ke Mapolda Sulut untuk dilakukan pengembangan. Ikut pula dimintai keterangan Mualim dan Komprador kapal.

Penyelundupan mitan bersubsidi melalui jalur laut marak terjadi di Pelabuhan Manado. Beberapa waktu lalu, polisi juga menggagalkan penyelundupan serupa yang dibawa dari Beo, Kabupaten Talaud sebanyak 5,5 ton. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com