Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggaran Pilkada Lampung Belum Cair

Kompas.com - 27/02/2014, 19:15 WIB
Deytri Robekka Aritonang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang hari pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lampung, 9 April 2014, ternyata anggaran daerah yang dialokasikan untuk perhelatan itu masih belum cair. Rencananya, dana sebesar Rp 86 miliar itu baru digelontorkan pada 5 Maret 2014 mendatang.

"Sesuai naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), dana pilkada baru bisa dicarikan tanggal 5 Maret nanti," ujar anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Solihin, Kamis (27/2/2014).

Dia mengatakan, anggaran sebesar Rp 86 miliar hanya untuk membiayai tahapan pilkada hingga pemungutan suara putaran pertama. "Kalau ternyata nanti ada sampai putaran kedua, nanti ada anggaran lagi, tapi besarannya saya lupa," katanya.

Selain persoalan anggaran, kata dia, KPU Lampung juga masih menghadapi persoalan logistik pilkada yang belum diproduksi. Ia memperkirakan, proses produksi surat suara, kotak suara, dan perangkat lain baru akan dimulai pada 15 atau 16 Maret mendatang. Dia menyampaikan, pihaknya menargetkan seluruh logistik tiba di gudang KPU kabupaten/kota pada 29 Maret.

Sebelumnya, KPU Lampung menyatakan pelaksanaan pilkada akhirnya akan dilaksanakan bersamaan dengan Pemilu Legislatif pada 9 April 2014. Namun pelaksanaan Pilgub yang bersamaan dengan Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD tersebut akan menambah beban kerja KPU daerah sehingga harus dilakukan penghitungan mengenai pelaksanaannya.

"Beban kerja pasti bertambah, lalu yang menjadi perhitungan selanjutnya bisa jadi honor untuk petugas di sana lebih banyak karena kami harus menghargai kinerja mereka. Memang ada kerumitan tersendiri, tetapi kai tidak punya pilihan," kata Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com