Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penguin, Segera Hadir di Yogyakarta

Kompas.com - 27/02/2014, 12:18 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Enam ekor penguin jenis "jackie penguin" dalam waktu dekat akan menambah koleksi Kebun Binatang (KB) Gembira Loka, Yogyakarta.

Penguin yang akan datang ini merupakan hasil hibah dari Singapura. "Paling lambat, satu-dua bulan lagi penguin sudah ada di sini," kata Manager Marketing dan Pengembangan GLZoo, Josep Kurniawan, Kamis (27/2/2014).

Enam ekor penguin jenis "jackie penguin" ini merupakan hibah dari Singapura. Untuk bisa berada di Yogyakarta, harus ada delapan tahap yang perlu dipenuhi oleh KB Gembira Loka. "Kita sudah sampai tahap ke tujuh," tegasnya.

Sementara itu, Dirut GLZoo KMT A Tirtodiprojo menerangkan, izin mendatangkan penguin dari Singapura tidak mendapatkan masalah. Satu hal yang sempat menjadi kendala hanya terkait pakan penguin. Sebab, regulasi di Indonesia belum ada.

"Pakan yang dikirim ke Indonesia harus sesuai dengan regulasi di Singapura sebagai pihak pendonor," ujarnya.

Lebih lanjut, Tirto menjelaskan, jenis ikan untuk pakan penguin adalah ikan caplein, herring, dan smelt. Pakan tersebut harus benar-benar bebas dari penyakit.

"Pakan penguin akan didatangkan seberat 12 ton," paparnya.

Ikan pakan penguin pun harus tersimpan di lemari es bersuhu minus 20 derajat dan ketika akan diberikan kepada penguin harus dihangatkan dulu hingga suhu 8 derajat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com