Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disiapkan Rp 4,5 M untuk Kandang Sapi Korban Kelud

Kompas.com - 25/02/2014, 09:04 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Selain menggelontor dana rekontruksi Rp 100 miliar, Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga menyiapkan dana untuk rekontruksi kandang sapi peternak akibat bencana erupsi Gunung Kelud sebesar Rp 4,5 miliar.

Dana tersebut, kata Gubernur Jawa Timur Soekarwo, sebagian besar untuk rekonstruksi kandang sapi peternakan, bukan kandang sapi peternak rumahan.

"Kandang sapi peternak rumahan saya yakin biayanya tidak terlalu besar, dan bisa di-cover oleh pemiliknya sendiri," kata Soekarwo saat menemui pengungsi di Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Senin (24/2/2014) malam.

Dana tersebut akan digelontorkan bagi para peternak di tiga kabupaten yakni Kediri, Malang, dan Blitar. Berdasarkan inventarisasi Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, selain menyebabkan kematian sejumlah sapi, erupsi Gunung Kelud juga merusak 295 unit kandang sapi di Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang, dan 152 unit kandang di Kecamatan Puncu, serta 53 unit di Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri.

Kondisi ini juga mengganggu proses produksi susu perah. "Sempat terjadi kerugian produksi susu pada sapi perah sebanyak 140 ton selama dua hari senilai Rp 560 juta  di Kabupaten Malang dan Kabupaten Kediri," ujarnya.

Dinas Peternakan Jawa Timur juga mendistribusikan pakan hijauan ternak sebanyak 76 ton, silase 20 ton, complete feed 6 ton dan obat-obatan ternak di Kabupaten Malang.  Dan Untuk Kabupaten Kediri telah didistribusikan hijauan makanan ternak sebanyak 111 ton, complete feed 20 ton beserta obat-obatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com