Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Hari Berturut-turut, Gempa Guncang Maluku Utara

Kompas.com - 25/02/2014, 06:28 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com — Dua hari berturut-turut, Senin (24/2/2014) dan Selasa (25/2/2014), Maluku Utara diguncang gempa.

Gempa pada Senin terjadi pukul 13.18 WIT. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis bahwa gempa ini berkekuatan 4,5 skala Richter.

Pusat gempa pada Senin berlokasi di 2,28 derajat Lintang Utara dan 128,13 Bujur Timur atau tepatnya 182 km dari utara Kota Ternate. Pusat gempat berkedalaman 10 kilometer.

Gempa serupa terjadi pada Selasa pukul 06.56 WIT. Pusat gempa pada Selasa pagi ini berlokasi di 0,61 Lintang Utara dan 126,11 Bujur Timur. Kekuatannya 5,2 skala Richter.

Seperti halnya gempa pada Senin, pusat gempa pada Selasa berkedalaman 10 kilometer dari permukaan tanah. Lokasi pusat gempa adalah 137 kilometer di Barat Daya Kota Ternate.

Rilis BMKG menyebutkan, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Informasi yang dihimpun Kompas.com menyebutkan, getaran gempa terasa di sejumlah daerah. Namun, getarannya tidak terlalu kuat.

Sebagian warga bahkan tak merasakan ada gempa terjadi. "Di Morotai juga rasa, tapi banyak orang tidak tahu," ungkap Sarif (27), warga Morotai, saat dihubungi, Selasa pagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com