Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saldo Rekening Dana Bantuan Korban Kelud Rp 434 Juta

Kompas.com - 24/02/2014, 14:01 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com — Rekening yang dibuka khusus untuk para korban erupsi Gunung Kelud di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, hingga Senin (24/2/2014), menunjukkan saldo Rp 434.363.300.

"Jumlah itu terhitung per Senin, pukul 11.00 siang tadi," kata Adi Suwignyo, Kepala Bidang Penerangan Satlak Penanganan Bencana Kabupaten Kediri (Satlak PB Kediri), Senin.

Selama ini, Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Satlak PB membuat rekening untuk menghimpun dana amal dari masyarakat. Rekening tersebut dibuka di Bank Jatim dengan nomor 0062972548, atas nama Bendahara Satlak PB Kabupaten Kediri, Affandy.

Pengungsi korban erupsi Kelud saat ini berjumlah 681 orang. Mereka tersebar di 18 pos pengungsian. Para pengungsi tersebut belum bisa pulang karena rumah mereka rusak parah.

Para pengungsi rata-rata berasal dari wilayah Kecamatan Puncu dan Kecamatan Kepung. Dua kecamatan termasuk dalam empat kecamatan yang rawan bencana. Dua kecamatan lainnya adalah Ngancar dan Plosoklaten.

Kelud, yang memiliki tinggi 1.731 mdpl, meletus pada 13 Februari 2014. Ribuan warga dari tiga kabupaten di sekitarnya, yaitu Kediri, Blitar, dan Malang, akhirnya mengungsi.

Saat ini, kondisi kegunungapian Gunung Kelud sudah menurun. Level statusnya juga sudah diturunkan dari Awas (level IV) menjadi Siaga (level III). Masa rehabilitasi mulai diberlakukan untuk bangunan-bangunan yang rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com