Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melahirkan di Dalam Mobil, Tahanan Rutan Hanya Dibantu Sipir Pria

Kompas.com - 21/02/2014, 19:52 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis


MANADO, KOMPAS.com — Desi Bolutio (20), seorang tahanan di Rumah Tahanan (Rutan) Malendeng, Manado, yang melahirkan di dalam mobil saat menuju rumah sakit, ternyata tidak didampingi petugas medis.

Proses melahirkan Desi hanya dibantu oleh sipir pria, Amri, yang mengawalnya ketika hendak ke rumah sakit pada Kamis (20/2/2014).

"Bayinya keluar sendiri, saya kemudian membopongnya hingga tiba di rumah sakit. Ini pengalaman saya pertama kali membantu orang melahirkan," ujar Amri, yang baru empat bulan bertugas di Rutan Malendeng, kepada wartawan, Jumat (21/2/2014).

Kepala Rutan Malendeng Manado, Julius Paath, menjelaskan di Rutan Malendeng sebenarnya terdapat poliklinik, tetapi tidak ada bidan.

"Yang ada hanya dokter umum, jadi untuk melahirkan harus dibawa ke rumah sakit. Dan kami telah berupaya membantu ibunya," ujar Paath.

Desi merupakan tahanan Kejaksaan Negeri Minahasa Utara. Dia sedang menjalani proses persidangan atas dakwaan dalam kasus saling menghina di jejaring sosial Facebook. Sewaktu masuk ke Rutan Malendeng dua bulan lalu, usia kandungan Desi sudah masuk tujuh bulan.

Sebenarnya pada minggu ini dia harus menjalani sidang tuntutan dari jaksa. "Soal penahanan itu merupakan kewenangan dari kejaksaan, kami di sini hanya menjalankan perintah penahanan saja," kata Paath.

Sebelumnya diberitakan, Desi Bolutio, seorang tahanan di Rumah Tahanan (Rutan) Malendeng, Manado, melahirkan di dalam mobil saat menuju rumah sakit. Peristiwa ini memantik simpati Wakil Wali Kota Manado, Harley Mangindaan.

Pada Jumat (21/2/2014) malam, Harley menengok Desi dan bayinya di Blok Mawar Kamar 1, Rutan Malendeng. Di sana, Desi harus berbagi ruang dengan beberapa tahanan lainnya. Padahal ia baru saja melahirkan seorang bayi perempuan pada Kamis (20/2/2014) kemarin.

"Lahirnya di atas mobil. Saya sudah merasakan kontraksi sejak pagi, dan kemudian dibawa ke rumah sakit oleh petugas rutan," cerita Desi kepada sejumlah wartawan yang diizinkan masuk.

Saat sedang berada di dalam mobil, ternyata Desi sudah tidak bisa menahan kontraksinya. Bayi mungil berbobot 3,4 kilogram itu pun lahir di dalam mobil sebelum tiba di rumah sakit.

"Saya bahagia bisa melahirkan anak saya, walau saya berada di dalam tahanan, petugas memperlakukan saya dengan baik," ucap Desi.

Wakil Wali Kota Manado, Harley Mangindaan, kemudian memberikan bantuan berupa pakaian dan bahan kebutuhan bayi untuk anak Desi.

"Sebagai pemerintah kota dan secara pribadi saya tergerak untuk membantu apa yang sedang dialami mereka. Saya juga berterima kasih buat petugas Rutan yang sudah membantu proses melahirkan Desi sehingga ibu dan anaknya dalam kondisi sehat," kata Mangindaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com