Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi Banjir, Lima Waduk Akan Dibangun di Ambon

Kompas.com - 21/02/2014, 15:15 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Balai Wilayah Sungai Maluku berencana membangun lima waduk di Kota Ambon untuk mengantisipasi bencana banjir dari dampak luapan sejumlah sungai di Ambon yang terus terjadi dalam dua tahun terakhir.

Untuk tahap awal dua pembangunan proyek tersebut, pihak Balai Wilayah Sungai akan bekerja sama dengan pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi Maluku maupun pemerintah Kota Ambon.

“Pembangunan lima waduk di lima sungai yang ada di kota Ambon sudah menjadi rencana jangka panjang, dan saat ini kita telah prioritaskan untuk membangun dua waduk di sungai Wailuhu dan sungai Wai Batu Merah,” ungkap Kepala Balai Wilayah Sungai Mauku, Muhammad Marasabessy usai mengikuti rapat tertutup bersama instansi terkait di Kantor Gubernur Maluku, Jumat (21/2/2014).

Dia menjelaskan lima waduk tersebut rencananya dibangun untuk mencegah meluapnya lima sungai besar yang mengaliri Kota Ambon di antaranya Sungai Wailuhu di Desa Galala, Sungai Wai di Batu Merah dan Sungai Waitomu.

“Jadi untuk pembuatan waduk, di tahun ini kami sudah masuk pada tahap desain atau perencanaan dan saya sudah meminta kepada rekan-rekan untuk 3 sampai 4 bulan ke depan sudah harus menyelesaikan desainnya," jelas Muhammad Marasabessy.

Dia menambahkan pembuatan lima waduk ini selain untuk mencegah banjir di Kota Ambon dari dampak meluapnya air sungai juga akan dijadikan sebagai sumber air baku bagi kebutuhan masyarakat kota Ambon.

Untuk rencana itu juga pihaknya telah membahas bersama pemerintah Kota Ambon dan pemerintah provinsi Maluku untuk pembebasan lahan dan relokasi warga dibantaran sungai dan juga sosialisasi di masyarakat.

“Untuk sosialisasi dan relokasi itu pemerintah Kota Ambon. Kalau pembangunan fisik itu nanti kita yang menangani,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com