Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Peduli Sampah, Ridwan Kamil Ikut Nonton Bareng

Kompas.com - 21/02/2014, 13:13 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG KOMPAS.com - Relawan, pegiat dan penggerak lingkungan hidup serta lembaga peduli lingkungan di Kota Bandung memperingati Hari Peduli Sampah Nasional dengan melaksanakan renungan dan nonton bareng film dokumenter berjudul "Trashed" di bioskop Blitz Megaplex, Paris van Java, Sukajadi, Kota Bandung, Jumat (21/2/2014).

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, turut ikut serta nonton bareng film dokumenter yang diproduksi oleh Blenheim Films dan WWF ini. Pria yang akrab disapa Emil itu berpendapat film berdurasi 90 menit ini membawa banyak pesan moral.

"Yang bisa diambil dari film ini adalah, ternyata masalah (sampah) datang dari gaya hidup kita sendiri. Hobi nyampah ya, jadi kota sampah," kata Emil saat ditemui seusai nonton bareng.

Emil menambahkan, film tersebut menunjukkan sampah telah menjadi menjadi permasalahan dunia, bukan menjadi masalah di satu atau dua negara saja. Emil pun menyetujui kesimpulan dalam film tersebut yang menyatakan jika sampah seharusnya bisa habis sebelum masuk ke pembuangan sampah akhir.

"Jadi masyarakat jangan berharap pada solusi akhir bagaimana sampah dikelola, tapi harus dipikirkan bagaimana produksi sampah harus dikurangi," ucapnya.

"Trashed" merupakan film dokumenter yang berbicara tentang dampak sampah terhadap lingkungan, manusia, serta makhluk hidup lainnya di muka bumi. Dalam film ini, aktor Inggris Jeremy Irons mengunjungi negara-negara yang memiliki masalah dengan sampah. Permasalahan sampah di negara berkembang khususnya timbul karena meningkatnya standar hidup dan populasi di perkotaan.

Film tersebut menyertakan laporan dari Bank Dunia pada tahun 2012 yang menyebutkan bahwa jumlah sampah padat di kota-kota besar akan terus naik sebesar 70 persen pada tahun 2012 hingga 2025, dari 1,3 miliar ton per tahun menjadi 2,2 miliar ton per tahun.

Kenaikan terjadi mayoritas di negara-negara berkembang. Kegiatan nonton bareng film "Trashed" ini merupakan salah satu program kampanye "BANDUNG CLEANACT!ON". Program ini menjadi aksi dari para pakar dan pemerhati lingkungan yang tergabung dalam forum Bandung Juara Bebas Sampah (BJBS).

Rencananya, BANDUNG CLEANACT!ON ini dilaksanakan secara intensif hingga akhir tahun 2014 melalu beragam aktivitas seperti kampanye publik, aksi relawan, dan aksi teladan serta pendampingan wilayah dalam pengelolaan sampah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com