Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Adi Soemarmo Kembali Beroperasi

Kompas.com - 20/02/2014, 11:11 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis


SOLO, KOMPAS.com -  Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Jawa Tengah, mulai beroperasi kembali, Kamis (20/2/2014) tepat pukul 07.04 WIB. Penerbangan pertama adalah Garuda Indonesia GA-221 dengan tujuan Jakarta, disusul dengan Lion Air tujuan Jakarta pada pukul 07.22 WIB.

Dari pengamatan Kompas.com, pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA-220 berhasil mendarat dengan mulus pada pukul 07.17 WIB. Meskipun debu masih tampak mengepul saat mendarat ataupun lepas landas. Meskipun demikian lalu lintas penerbangan di Adi Soemarmo lancar.

“Telah kita laksanakan dan dinyatakan clear pagi ini, dan untuk permasalahan take-off dan landing tidak ada masalah,” kata Kolonel (Pnb) Agus Radar Sucahyo, Komandan Pangkalan Udara Adisumarmo.

Sementara itu, sejak pukul 06.00 WIB lobi bandara sudah dipadati calon penumpang. Begitu juga dengan jasa armada taksi sudah mulai sibuk antar jemput penumpang setelah sempat tujuh hari tidak beroperasi.

“Lega akhirnya saya bisa pulang ke Jakarta, dan saya percaya pihak terkait sudah memastikan landasan sudah layak untuk digunakan,” kata Budi Suryatmo (63), calon penumpang kepada Kompas.com.

Seperti diberitakan, sejumlah bandara di Pulau Jawa, termasuk Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Bandara Adisutjipto Yogyakarta, dan Bandara Juanda Surabaya ditutup sejak Jumat (14/2/2014) akibat terkena abu vulkanik Gunung Kelud.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com