Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggul Jebol, Ribuan Rumah Diterjang Banjir

Kompas.com - 19/02/2014, 13:12 WIB
Ari Himawan Sarono

Penulis

BREBES, KOMPAS.com — Akibat tanggul Sungai Cisanggarung jebol, ribuan rumah di delapan desa di Kecamatan Losari, Brebes, Jawa Tengah, diterjang banjir.

Banjir melanda Desa Babakan, Bojong Sari, Kalibuntu, Randusari, Kedungneng, Kauman, Karangsembung, dan Losari. Banjir terparah dialami Desa Babakan, yang ketinggian airnya mencapai 1,5 meter.

Menurut salah seorang warga Babakan, Agus Purwanto (50), air datang secara tiba-tiba setelah hujan deras, Rabu (19/2/2014) pagi. Air langsung menerjang rumah warga dengan aliran sangat deras.

"Sungai Cisanggarung tidak bisa menampung air dari selatan, akhirnya jebol," kata Agus.

Agus menambahkan, kebanyakan warga yang rumahnya terendam masih mendiami rumah mereka dan enggan mengungsi. Mereka menunggu bantuan dari Tim SAR yang belum datang kerumah-rumah warga.

Sementara itu, TIM SAR Brebes mendatangkan satu perahu karet di Desa Babakan, Losari, untuk mengevakuasi warga. Tim SAR mengutamakan wanita dan anak-anak terlebih dahulu untuk dievakuasi.

"Yang penting warga dulu kita selamatkan," ujar Adhe Dhani Rahardjo, Komandan Tim SAR Brebes.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com