Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lahar Dingin Menerjang, Pos Pengungsian Dipindahkan

Kompas.com - 18/02/2014, 20:15 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com — Lahar dingin yang meluncur dari lereng Gunung Kelud ke wilayah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Selasa (18/2/2014), menyebabkan lokasi pengungsian dipindahkan.

Informasi dari Posko Utama Radio Antar Penduduk Indonesia di Posko Satlak PB Simpang Lima Gumul, Kabupaten Kediri, para pengungsi di Margosantoso, Kecamatan Kepung, harus dipindahkan karena lokasinya terdampak lahar dingin.

"Dipindahkan ke MTS Jombang Kauman di Kecamatan Kepung," kata Agus Tri, salah seorang anggota RAPI.

Pantauan terakhir, pergerakan lahar dingin melalui radio, kata dia, saat ini sudah mencapai wilayah Kunjang. Lokasi wilayah Kunjang berada di arah utara dari Kecamatan Pare. Aliran lahar itu juga membawa serta beragam sampah seperti kayu maupun batu.

Atas adanya informasi itu, Insider Commander Satlak PB Gunung Kelud Kabupaten Kediri, Letkol Heriyadi, mengaku akan melakukan pengecekan. "Saya cek dulu," kata Heriyadi.

Sebelumnya, lahar dingin mulai menerjang wilayah Kediri menyusul terjadinya hujan lebat di kawasan puncak gunung, Selasa petang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com