Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guru Besar Filsafat UGM Damardjati Supadjar Meninggal

Kompas.com - 17/02/2014, 23:30 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Guru Besar Fakultas Filsafat UGM, Prof Dr Damardjati Supadjar, meninggal dunia pada Senin (17/2/2014) pukul 17.05 WIB.

Upacara penghormatan terakhir akan dilaksanakan di Balairung UGM, Bulaksumur, Yogyakarta, Selasa (18/2/2014) pukul 10.00.

Pria yang selama ini dikenal sebagai salah seorang penasihat spiritual raja Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X tersebut akan dikebumikan di Losari, Grabag, Magelang, Jawa Tengah.

Damardjati Supadjar lahir di Magelang, 30 Maret 1940. Ia menamatkan pendidikan S1 di Fakultas Filsafat UGM, S2 Rijks Universiteit Leiden dan S3 Pascasarjana UGM.

Selama pengabdiannya sebagai pendidik, Damardjati telah menulis sejumlah buku filsafat Jawa seperti Nawangsari, Filsafat Ketuhanan dan Wulang Wuruk Jawa, serta meraih penghargaan Satyalancana Karya Sastra dari Presiden RI.

Sosok Prof Damardjati juga sering menjadi mubaligh atau penceramah keagamaan di sejumlah tempat. Dalam penyampaian ceramahnya, Damardjati sering menguraikan kata per kata yang sederhana bisa meluas penjabarannya, ditinjau dari sisi filsafat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com