Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Penyelamatan 5 Turis Jepang yang Tenggelam di Bali

Kompas.com - 17/02/2014, 22:39 WIB
Kontributor Denpasar, Eviera Paramita Sandi

Penulis


DENPASAR, KOMPAS.com — Lima dari tujuh orang turis Jepang yang hilang saat diving di perairan Sakenan Nusa Lembongan, Bali, selamat, tetapi dalam kondisi lemas.
 
Made Adyana, salah satu anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali yang juga ikut mengevakuasi korban, mengatakan, kelima korban ditemukan selamat. Salah seorang korban ditemukan terpisah dari 4 lainnya dan langsung dievakuasi menggunakan helikopter.
 
"Empat orang ditemukan di tebing barat, yang di timur satu orang kita terpaksa menggunakan helikopter karena medannya luar biasa susahnya," jelas Made Adyana kepada Kompas.com, Senin (17/2/2014).
 
Menurut Made, para korban ditemukan dengan posisi terduduk di bebatuan tebing di selatan Pulau Nusa Penida. Proses evakuasi dimulai sejak pukul 6 sore tadi. Namun, pencarian terpaksa dihentikan karena hari semakin gelap sehingga tim SAR tidak berani untuk mendekat.
 
Sedangkan dua orang korban lainnya belum berhasil ditemukan. Ada kemungkinan korban selanjutnya telah ditemukan, tetapi belum bisa dievakuasi. Hal itu, menurut Made Adyana, terlihat dari munculnya tanda berupa lampu senter, tetapi belum dapat dipastikan apakah benar tanda tersebut berasal dari kedua orang korban tenggelam atau bukan.
 
"Yang 2 belum, karena tadi sempat ada yang memberi tanda berupa lampu senter, mungkin itu mereka, tapi kondisi ombak besar kami menyerah, tidak berani mendekat," tambahnya.
 
Made Adyana menjelaskan, pencarian terhadap 2 orang korban akan dilanjutkan pada Selasa pagi. Karena, menurut prosedur, SAR tidak boleh beroperasi pada malam hari.
 
Sementara itu, kelima orang korban saat ini sudah dibawa ke rumah sakit. Satu orang korban dibawa ke RS Kasih Ibu Kedonganan, sedangkan 4 lainnya ke RS Sanglah, Denpasar.
 
Nama-nama korban yang saat ini dirawat di RS Sanglah:
1) Miyata Ritsuko (59)
2) Kawasoki Namomi (28)
3) Morizono Aya (28)
4) Yamamoto Emi (33)

Korban dirawat di RS Kasih Ibu, Jimbaran
1) Furukawa Saori (37)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com