Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kegempaan Meningkat, Status Gunung Ijen Tetap Waspada

Kompas.com - 17/02/2014, 15:12 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis


BANYUWANGI, KOMPAS.com — Pos Pemantau Gunung Ijen yang berada di perbatasan Banyuwangi-Bondowoso mencatat, aktivitas kegempaan vulkanis gunung yang memiliki kawah terbesar di Asia tersebut mengalami peningkatan.

Kepala Pos Pemantau Gunung Api Ijen, Bambang Heri Purwanto, kepada Kompas.com, Senin (17/2/2014) mencatat, peningkatan gempa dangkal 9 kali pada 16 Februari 2014. "Sedangkan suhu Gunung Ijen mencapai 35 hingga 36 derajat," jelasnya.

Menurutnya, sampai saat ini status Gunung Ijen masih waspada, sehingga Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi merekomendasikan, radius 1 kilometer dari kawah harus streril dari manusia, baik wisatawan maupun petambang belerang.

Bambang menambahkan, suhu kawah dan aktivitas kegempaan yang masih tinggi sewaktu-waktu bisa mengeluarkan gas beracun. "Kalau petambang biasanya sudah terbiasa dan bisa membaca gejala-gejala alam di Gunung Ijen, tapi untuk wisatawan ini yang membahayakan, dan pihak kami hanya memberikan imbauan," pungkasnya.

Naiknya aktivitas kegempaan di Gunung Ijen, menurut Bambang, tidak dipengaruhi oleh erupsi Gunung Kelud. "Tidak ada hubungannya sama Gunung Kelud. Status Gunung Ijen turun ke waspada sejak 26 Agustus 2013 lalu. Sebelumnya 24 Juli 2012, status gunung Ijen dinaikkan dari waspada menjadi siaga," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com