Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat Diminta Waspadai Penyakit Akibat Debu Vulkanis

Kompas.com - 15/02/2014, 21:35 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com - Erupsi Gunung Kelud di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, memuntahkan material, salah satunya berupa abu vulkanis. Masyarakat diimbau untuk mewaspadai penyakit akibat debu itu.

Diah Eruwati, S.Kep.NS, dari Rumah Sakit Baptis Kediri, mengatakan, ragam penyakit yang mungkin timbul akibat debu adalah infeksi saluran pernafasan atas, iritasi kulit maupun iritasi mata.

"Untuk menghindarinya harus menggunakan masker. Itu yang utama," kata Diah Eruwati pada Kompas.com, Sabtu (15/2/2014).

Untuk penyakit iritasi mata ringan, kata Diah, dapat diatasi dengan memberiksan obat tetes mata. Namun, ada baiknya jika diperiksakan kepada dokter.

Erupsi Gunung Kelud pada Kamis (13/2/2014) malam menyebabkan terjadinya hujan abu di berbagai daerah. Keberadaan masker menjadi salah satu barang yang langka. Bahkan, dikabarkan banyak toko kehabisan stok masker.

Kondisi itu membuat sebagian masyarakat peduli. Mereka membagikan masker kepada warga yang membutuhkan. Seperti yan dilakukan oleh kelompok penghobi otomotif ini.

"Kita ingin berbagi kepada sesama," kata Bendot, dari komunitas Honda Classic Club Indonesia perwakilan Kediri saat membagikan masker di wilayah Plosoklaten.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com