Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelud Meletus, Warga Pemalang Cari Tahu Status Gunung Slamet

Kompas.com - 14/02/2014, 16:53 WIB
Ari Himawan Sarono

Penulis


PEMALANG, KOMPAS.com — Letusan Gunung Kelud membuat Pos Pemantauan Gunung Slamet di Desa Gambuhan, Pulosari, Pemalang, Jawa Tengah, ramai dikunjungi warga. Rata-rata mereka penasaran dengan kondisi gunung tertinggi di Jawa Tengah tersebut.

Seperti Syaid Adnan (26), warga Desa Gambuhan, Pulosari, Pemalang, yang sengaja datang ke pos pemantauan karena penasaran dengan kondisi Gunung Slamet. Adnan ingin mengetahui apakah Gunung Slamet aman-aman saja atau ada peningkatan aktivitas.

"Saya ingin tahu, terus khawatir barangkali ada dampak yang ditimbulkan dari meletusnya Gunung Kelud," kata Syaid sambil memandang Gunung Slamet.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Slamet, Sudrajat, mengatakan, hari ini, Jumat (14/2/2014), sudah puluhan warga yang datang ke tempatnya. Umumnya, mereka ingin mengetahui kondisi gunung dengan ketinggian 3.428 Mdpl ini.

"Ya, kira-kira sudah ada 25 orang yang datang ke pos pemantauan, warga kebanyakan bertanya soal status Gunung Slamet saat ini, padahal biasanya sepi-sepi saja," ujar Sudrajat.

Sudrajat menambahkan, Gunung Slamet saat ini dalam kondisi normal. Menurutnya, Gunung Kelud yang meletus tidak berpengaruh pada aktivitas Gunung Slamet.

"Semua normal, Gunung Kelud punya dapur magma sendiri, begitu juga dengan Gunung Slamet, sehingga tidak berpengaruh," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com