Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erupsi Reda, Pengungsi Nekat Pulang

Kompas.com - 14/02/2014, 13:50 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Para pengungsi akibat erupsi Gunung Kelud masih nekat pulang ke rumah meski sudah ada larangan. Para pengungsi itu berdalih akan menyelamatkan ternak.

Seperti yang disampaikan oleh seorang pengungsi asal Desa Manggis di Kecamatan Ngancar, mengaku pulang untuk mengurus ternak ayam, kambing, serta sapi.

"Kekayaan kami ya itu saja to mas. Lagian, setelah kasih makan ternak, ya kembali lagi ke tempat pengungsian," kata pria yang enggan disebutkan namanya itu.

Lelaki setengah baya itu menambahkan, jalur menuju rumahnya saat ini memang dijaga petugas. Namun tetap bisa sampai ke rumah karena menerobos melalui jalan setapak.

"Namanya orang sana asli, ya tahu betul kondisi jalan," imbuhnya.

Selama pulang ke rumah, hanya sendirian. Istri dan anaknya ditinggalkan di pengungsian Pabrik Gula Pesantren Baru di wilayah Kota Kediri.

Hal yang sama disampaikan oleh Piyo, warga Sumberagung Kecamatan Plososklaten. Dia merasa khawatir dengan ternaknya. Bahkan, saat ini ia dan keluarganya sudah kembali ke desanya setelah awalnya mengungsi di PG.Pesantren.

"Keluarga saya balik, tapi enggak pulang ke rumah. Hanya kumpul di Balai Desa," kata Priyo.

Sebelumnya, Satlak PB bencana erupsi Gunung Kelud melarang warga kembali ke rumah karena situasi masih belum kondusif, terutama dalam jarak 10 kilometer dari pusat erupsi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com