Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersihkan Debu Kelud, Puluhan Orang Dirawat di RS Baptis

Kompas.com - 14/02/2014, 13:07 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Sebanyak 27 orang dirawat di RS Baptis, Kediri. Namun Kepala Bagian Humas RS Baptis Diah Eruwati menegaskan ke 27 pasien tersebut bukan merupakan korban langsung dari letusan Gunung Kelud semalam. 

Diah memastikan, mayoritas pasien adalah warga masyarakat yang terluka saat membersihkan rumah dari kotoran debu Vulkanik. "Rata-rata pasien itu jatuh dari atap saat membersihkan debu akibat letusan Kelud," kata Diah, Jumat (13/2/2014).

Para pasien itu, kata Diah, empat orang menjalani rawat inap, dua orang sudah diperbolehkan pulang, dan sisanya masih menjalani pemeriksaan di ruang IGD.

Dari jumlah tersebut, lanjut Diah, salah satunya meninggal dunia. Korban meninggal adalah Joni, seorang Kepala Desa Toyoresmi Kota Kediri. Jenazah korban saat ini sudah diambil keluarganya untuk dimakamkan.

Selain pasien tersebut dirawat karena tejatuh dari atap, Diah menambahkan, ada dua orang pasien yang dirawat karena kecelakaan lalu lintas. " Jalanan licin karena debu, sehingga bannya selip," kata Diah.

Erupsi Gunung Kelud di Kabupaten Kediri, Jum'at malam, memang terjadi dahsyat dan memuntahkan material. Abu vulkanik tersebut dirasakan tidak hanya oleh warga Jawa Timur, taip juga di  Jawa Tengah, hingga Jawa Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com