Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilanda Hujan Abu, Bandara Adi Sucipto Tutup hingga Besok Siang

Kompas.com - 14/02/2014, 09:32 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA,KOMPAS.com
 — Penerbangan dari dan ke bandara Adi Sucipto Yogyakarta ditutup selama satu sampai dua hari. Penutupan ini akibat abu vulkanik letusan Gunung Kelud yang menghujani Yogyakarta mulai 02.50 WIB.

"136 penerbangan di tutup, karena abu vulkanik menutupi landasan," kata General manager Angkasa Pura Airport Bandara Internasional Adisucipto Yogyakarta, Andi G Wirson, saat ditemui di posko Bandara, Jumat (14/2/2014) pagi.

Andi mengungkapkan, penutupan aktivitas penerbangan baik kedatangan maupun keberangkatan demi keselamatan penumpang sebab abu vulkanik sangat mengganggu dan membahayakan penerbangan.

"Pesawat bisa tergelincir, selain itu abu juga bisa masuk ke baling-baling dan mematikan mesin. Lebih parahnya lagi menganggu GPS," tegasnya.

Menurutnya, penutupan bandara kemungkinan akan berlangsung satu sampai dua hari ke depan. Tergantung situasi dan informasi dari pihak-pihak yang bersangkutan. "Saya pastikan hari ini sampai besok siang belum bisa digunakan. Kita lihat dari perkembangan situasinya dan informasi dari pihak-pihak bersangkutan," katanya.

Sementara itu, manajemen Angkasa Pura Airport Bandara Internasional Adisucipto, Yogyakarta, hari ini langsung mendirikan beberapa posko informasi yang berlokasi di kawasan Bandara Adi Sucipto. Posko ini untuk melayani penumpang yang membutuhkan perkembangan situasi terkini bandara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com