Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengungsi Kelud Kekurangan Makanan

Kompas.com - 14/02/2014, 09:28 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com — Ribuan warga di area terdampak letusan Gunung Kelud, yang mengungsi di tiga kecamatan di Kabupaten Malang, Jawa Timur, kekurangan makanan. Pasokan makanan terutama untuk bayi dan anak-anak tidak memadai.

"Warga di sini butuh bantuan makanan. Sejak tadi malam tak makan. Air minum pun susah," kata salah satu warga, Soponyo, kepada Kompas.com, di tenda pengungsian, Jumat (14/2/2014) pagi. Sementara di dapur pengungsian, tim dari PMI Kabupaten Malang sudah memulai aktivitas dapur umum.

Anggota polisi dan TNI masih terus melakukan proses evakuasi dari beberapa desa di Kecamatan Kasembon dan Ngantang ke wilayah Kecamatan Pujon. "Warga tidak bawa apa-apa. Hanya menyelamatkan diri. Minta bantuan makanan karena kami tidak sempat bawa apa-apa. Harta benda ditinggal di rumah. Pakaian pun tidak membawa," kata Soponyo.

Sementara menurut Juwana, warga Desa Lumbang Pandansari, Kecamatan Ngantang, banyak warga yang tidak tahan dengan debu dan juga hujan kerikil yang masih terus terjadi hingga Jumat pagi.

Dari pantaun Kompas.com di tiga tempat pengungsian tersebut, masih terus terjadi hujan debu bahkan hujan kerikil. Warga di posko pengungsian, terutama anak-anak, mulai dicekam ketakutan akan ada tenda yang kembali roboh. Sebelumnya, tenda pengungsi roboh, menewaskan dua orang, satu orang kritis, dan belasan terluka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com