Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelud Meletus, Warga Berhamburan, Tiang Listrik Dipukul Bertalu-talu

Kompas.com - 14/02/2014, 00:14 WIB

BLITAR, KOMPAS.com — Semburan lava pijar dari puncak Gunung Kelud yang berada pada ketinggian 1.776 meter di atas permukaan laut terlihat jelas dari Kaweron, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, pada radius 15-20 kilometer dari puncak gunung itu.

Kantor Berita Antara, Kamis (14/2/2014) malam, melaporkan, dari radius yang tergolong aman dari aliran lahar itu, warga berhamburan ke luar rumah, tiang listrik dipukul bertalu-talu, pertanda bahaya.

Warga berhamburan ke jalan raya yang tidak terhalang bangunan dan pepohonan untuk menyaksikan dan memastikan bahwa Gunung Kelud benar-benar meletus seperti kabar yang tersiar sejak pukul 22.56 WIB.

Semburan lava pijar terlihat tinggi, sesekali hilang diganti kepulan awan hitam, dengan tebaran bau belerang yang sudah merambah berbagai wilayah hingga radius 15-20 kilometer.

Darmi, warga Ngaringan di sisi timur Kecamatan Gandusari, juga membenarkan warga pada radius sekitar 10 kilometer, yang termasuk daerah bahaya dengan tanda "garis merah" dari wilayah barat Gandu, tunggang langgang menuju pengungsian.

Semburan lava pijar yang terlihat semakin membesar dan meninggi itu diikuti suara gemuruh. Cahaya kilat aneka bentuk terlihat bagai bintang jatuh berbentuk cahaya segitiga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com