Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanam Ganja di Kebun Singkong, Pria Ini Diringkus

Kompas.com - 13/02/2014, 22:42 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Satuan Narkoba Polrestabes Bandung menggrebek kebun singkong yang ditanami ganja di tengah pemukiman warga di Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/2/2014) siang tadi.

"Kami temukan tanaman ganja yang ditanam di kebun pemukiman warga di kawasan Cileunyi," kata Kasat Narkoba Polrestabes Bandung, AKBP Mochammad Ngajib saaat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Kamis malam. Dari kebun itu, polisi menyita lima batang pohon ganja.

Pemilik tanaman ganja tersebut adalah Yongki alias Iyong (30). Menurut Ngajib, Yongki adalah pengedar ganja di wilayah Kota Bandung yang selama ini menjadi target DPO.

"Dia (Yongki) ini target operasi. Kami dapatkan identitasnya berdasarkan pengembangan dari tersangka lain yang telah kami tangkap sebelumnya," kata Ngajib. Yongki ditangkap di rumahnya yang tak jauh dari kebun itu.

Terungkapnya tanaman ganja ini merupakan pengembangan dari penangkapan Yongki. Saat itu, polisi menggeledah tubuh Yongki dan menemukan dua paket daun ganja dengan berat masing-masing seperempat kilogram, dua linting ganja dan beberapa butir pil alprazolam.

"Setelah dikembangkan, kami dapatkan kebun tempat ditaman ganja itu," katanya.

Tanaman ganja tersebut ditanam di kebun seluas 1 hektar di tengah tanaman singkong. "Untuk mengelabui, tanaman ganja itu ditanam di deretan tanaman singkong," kata Ngajib.

Kepada polisi, Iyong mengaku menanam ganja sejak lima bulan yang lalu atau pada Oktober 2013 lalu. "Dia (Yongki) mengaku mendapat bibitnya dari temannya berinisial I," katanya.

I pun saat ini masih dalam pengejaran polisi. Berdasarkan pengakuan Yongki, saat pertama ditanam, bibit ganja itu setinggi 2 sentimeter. Dan saat digerebek, tanaman itu berukuran 2 meter dan berjumlah 5.

"Ganja itu ditanam di kebun milik orangtuanya. Ada lima batang yang ditanam. Tapi, orangtuanya tidak mengetahui kalau yang ditanam itu adalah ganja," kata Ngajib.

Tanaman ganja itu pun hampir tak terlihat, karena tersamar oleh pohon singkong. Kini Iyong mendekam di sel tahanan Mapolrestabes Bandung di Jalan Merdeka, Bandung, Jawa Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com