Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelurahan di Bandung Akan Jadi SKPD

Kompas.com - 13/02/2014, 05:23 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bersemangat memperbanyak desentralisasi kewilayahan di Kota Bandung, Jawa Barat. Salah satu caranya adalah dengan mengubah status kelurahan menjadi satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

"Kelurahan akan dijadikan SKPD. Semangat lima tahun ke depan adalah memperbanyak desentralisasi kewilayahan harus punya anggaran besar," kata Ridwan di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang 45, Kota Bandung, Rabu (12/2/2014).

Ridwan menjelaskan, desentralisasi diharapkan bisa menyelesaikan masalah-masalah di kewilayahan yang selama ini selalu diselesaikan oleh pemerintah pusat. "Nanti bisa menyelesaikan baik ketertiban, sampah, taman, macet, dan lain sebagainya," ucapnya.

Lebih lanjut Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, menambahkan, dengan mengubah status kelurahan menjadi SKPD, Pemerintah Kota Bandung bisa membagi APBD ke kelurahan. "Kita bisa memberikan anggaran pada kelurahan. Nanti bisa didistribusikan. Yang jelas ini merupakan semangat desentralisasi," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com