Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Caleg, "Lasmini Saur Sepuh" Turun ke Pasar

Kompas.com - 12/02/2014, 16:40 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis


SOLO, KOMPAS.com
 — Pencinta drama radio dan film layar lebar Saur Sepuh yang terkenal pada tahun 1980-an tentu tidak lupa dengan tokoh bernama Lasmini. Di layar lebar, tokoh itu diperankan Murti Sari Dewi.

Perempuan berusia 37 tahun ini mencalonkan diri sebagai anggota legislatif untuk daerah pemilihan Jawa Tengah V, yang meliputi Solo, Klaten, Boyolali, dan Sukoharjo. Untuk memperkenalkan diri kepada konstituennya, Murti juga kerap blusukan. Ketika blusukan di pasar tradisional Kleco, Solo, Murti mengenakan kostum Lasmini.

“Saya memilih mengenakan kostum Lasmini karena untuk menarik perhatian warga. Mereka familiar dengan saya saat menjadi tokoh Lasmini dalam film Saur Sepuh,” kata Murti Sari Dewi ketika ditemui Kompas.com di kediamannya di Jalan Singosari Selatan, Tegalmulyo, Nusukan, Banjarsari, Solo, Rabu (12/2/2014).

Murti mengenakan setelan pakaian ala pendekar zaman dahulu. Setelah turun dari mobil, ia langsung disambut beberapa komentar pedagang dan warga yang sedang berbelanja di pasar dengan menyebut kata "Lasmini".

“Saya ingat Murti Sari Dewi ya saat memerankan Lasmini di film. Kaget saja, Mas. Ada tamu pakai pakaian pendekar," kata Yayuk, seorang pedagang di Pasar Kleco.

Sementara itu, Lasmini yang sedang “turun gunung” tersebut sesekali bercanda kepada para pedagang dan wartawan. “Saya sedang cari Mantili, tetapi pedangnya ketinggalan di mobil,” ujarnya bercanda.

Sementara itu, Murti menanggapi santai ketika disebut bahwa Dapil V merupakan dapil neraka karena salah satu pesaingnya adalah Angel Lelga, artis yang menjadi caleg Partai Persatuan Pembangunan.

“Dijalani saja, Mas, karena motivasi saya maju adalah ingin mengembangkan seni budaya di Indonesia, biarkan masyarakat yang akan memilih,” katanya.

Film Saur Sepuh adalah film layar lebar yang diangkat dari drama radio berjudul sama, karya almarhum Niki Kosasih. Beberapa karakter yang ada di film tersebut, seperti Brama Kumbara, Mantili, dan Lasmini, sangat akrab di telinga masyarakat pada saat itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com