Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Mendagri "Delayed", Pelantikan Soekarwo Mundur 2 Jam

Kompas.com - 12/02/2014, 14:01 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Pelantikan dan pengambilan sumpah Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur, Soekarwo-Saifullah Yusuf tertunda selama dua jam, Rabu (12/2/2014). Penyebabnya, pesawat rombongan Menteri Dalam Negeri mengalami penundaan di dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten.

Akibatnya, acara pelantikan yang sedianya dilangsungkan pada pukul 09.00 WIB diundur pukul 11.00 WIB. Atas keterlambatan itu, Mendagri Gamawan Fauzi sempat meminta maaf saat memberi sambutan pada forum Paripurna Istimewa Khusus kepada pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf.

"Sampai pukul 9 malam kemarin saya belum dapat tiket terbang pagi, ini bukti bahwa lalu lintas ke Surabaya semakin ramai, dan perekonomian Jatim makin maju," ungkapnya.

Dia berharap, ada peningkatan jadwal penerbangan dan kapasitas pesawat di Bandara Internasional Juanda Surabaya untuk mengatasi kemacetan jalur udara tersebut. "Saya yakin, Pakde Karwo mampu mengatasi itu," jelasnya.

Pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf resmi kembali menjabat gubernur-wagub hingga 2019 mendatang dengan Surat Keputusan Presiden RI No 135/P/2013 tertanggal 29 November 2013. Keduanya memenangi Pemilihan Gubernur Jatim setelah meraih 8.195.816 suara (47,25 pesen).

Hadir dalam pelantikan tersebut, diantaranya Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono, Menteri Koperasi Syarif Hassan, dan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com