Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Massa Pro-Kontra Pelantikan Soekarwo Bersitegang

Kompas.com - 12/02/2014, 13:00 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Acara pelantikan Soekarwo-Saifullah Yusuf sebagai pasangan Gubernur dan Wagub Jatim periode 2014-2019, Rabu (12/2/2014), diwarnai unjuk rasa dari dua kelompok yang berbeda tuntutan.

Keduanya sempat bersitegang untuk berebut titik lokasi unjuk rasa. Elemen Poros Pemuda (PP) Jatim datang lebih awal dan menempati tikungan menuju Jalan Indrapura. Sementara elemen mahasiswa PMII Surabaya yang datang terakhir dan melewati massa PP Jatim sempat beradu mulut dan bersitegang.

Polisi cepat melerai dan melokalisasi massa mahasiswa lebih jauh dari titik massa PP Jatim. Massa PP Jatim mendukung pelantikan pasangan Gubernur-Wagub Jatim petahana, Soekarwo-Saifullah Yusuf.

Menurut mereka, proses pemilihan keduanya melalui mekanisme yang sah secara hukum. Sementara massa mahasiswa mendesak agar elemen mahasiswa dilibatkan dalam setiap pengambilan kebijakan untuk kesejahteraan rakyat.

Aksi keduanya dijaga ketat aparat kepolisian dengan peralatan lengkap, antara lain mobil barakuda, water cannon, barrier, dan kendaraan pengurai massa.

Lokasi aksi massa dilokalisasi ratusan meter dari halaman gedung DPRD Jatim di Jalan Indrapura Surabaya.

Sementara itu, acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Gubernur-Wagub Jatim sempat molor dari yang dijadwalkan pukul 09.00 WIB. Informasi yang dihimpun, rombongan pesawat Mendagri dari Jakarta mengalami delay hingga dua kali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com