Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disusun, Skema Penanganan Ternak Pengungsi Kelud

Kompas.com - 12/02/2014, 10:55 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com — Selain pengungsi manusia, Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana (Satlak PB) Gunung Kelud juga mengurusi ternak. Hewan piaraan warga yang diungsikan meliputi sapi dan kambing.

Komandan Kodim 0809 Kediri sekaligus Insider Commander Satlak PB, Letkol Heriyadi, mengaku telah menyusun skema penanganannya.

Menurut dia, hasil inventarisasi akhir, tercatat ada 8.000 hewan ternak yang akan diungsikan. Skenario pengungsiannya, sedari awal ternak-ternak tersebut telah diberikan tanda oleh pemiliknya.

Tanda-tanda tersebut diusahakan mudah dikenali dan tidak mudah hilang. Proses pengungsiannya, kata dia, ada dua cara, yaitu menggunakan kendaraan yang menjemput dari lokasi ke titik pengungsian, juga dengan cara penggiringan.

"Kita sudah siapkan personel khusus yang bertanggung jawab di tiap titik evakuasi," kata Letkol Heriyadi, Rabu (12/2/2014).

Sementara soal pakan ternak selama pengungsian, ia menambahkan, akan didukung oleh satker terkait, seperti Dinas Peternakan Pemkab Kediri.

Dinas Peternakan, menurutnya, sudah mempunyai rencana penanganannya. "Nanti rencananya akan ada pakan dari rumput maupun konsentrat sebagai pengganti pakan alami," tegasnya.

Kepala Dinas Peternakan Sri Suparmi mengaku mewacanakan pemberian pakan tambahan tersebut. Namun, menurutnya, hal itu disesuaikan dengan kondisi lapangan. "Ada beberapa rencana," kata Sri Suparmi.

Status Gunung Kelud meningkat dari Waspada menjadi Siaga per tanggal 10 Februari 2014. Segenap elemen menyiapkan skenario penanggulangan bencana yang mungkin terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com