Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satlak Penanggulangan Bencana Kelud Dibentuk

Kompas.com - 11/02/2014, 16:47 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com — Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana (Satlak PB) krisis Kelud di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, sudah terbentuk. Satlak akan berkantor di kawasan Monumen Simpang Lima Gumul di Kabupaten Kediri.

Badan yang terdiri dari sejumlah satuan kerja di lingkup Pemerintah Kabupaten Kediri, TNI, Polri, serta instrumen lainnya itu dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Kediri Masykuri Iksan. "Kalau  insider commander-nya adalah Pak Dandim," kata Masykuri Iksan kepada Kompas.com, Selasa (11/2/2014).

Satlak PB nantinya akan mengurusi segala hal kebencanaan terkait krisis Gunung Kelud, baik sebelum maupun sesudah erupsi. Skema penanggulangan pascaerupsi itu saat ini terus dimatangkan.

"Semuanya bersiap dengan action plan sesuai tupoksi (tugas pokok dan fungsi) masing-masing. Segala kekurangan dibenahi sambil jalan, kita dinamis," Masykuri menambahkan.

Sebelumnya, gunung yang mempunyai ketinggian 1.731 mdpl itu terus mengalami peningkatan aktivitas sehingga statusnya menjadi dinaikkan. Kenaikan status dari Waspada menjadi Siaga hanya berselang sepekan.

Peningkatan status Waspada ditetapkan pada Minggu (2/2/2014), lalu meningkat menjadi Siaga pada Senin (10/2/2014).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com