Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hewan-hewan Gunung Kelud Mulai "Mengungsi"

Kompas.com - 11/02/2014, 15:36 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis


MALANG, KOMPAS.com — Sejak status Gunung Kelud naik menjadi siaga, hewan-hewan turun dari gunung dan hutan. Fenomena hewan "mengungsi" itu diakui Kepala Desa Pandansari, Sukirman, kepada Kompas.com via telepon, Selasa (11/2/2014). Desa Pandansari merupakan salah satu kawasan di Kabupaten Malang yang dekat dengan gunung Kelud.

Menurutnya, sejumlah warga di Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, melihat sejumlah hewan turun gunung dan keluar dari hutan. "Warga banyak laporan ke saya. Bahwa warga melihat banyak hewan turun gunung dan keluar dari hutan. Kejadian itu diyakini warga sebagai salah satu ciri jika aktivitas Gunung Kelud ada perubahan dari biasanya," ungkap Sukirman yang juga anggota tim Jangkar Kelud itu.

Menurutnya, hewan-hewan yang terlihat turun dari Gunung Kelud adalah kijang, kera, harimau, dan hewan lainnya. Mereka keluar dari hutan menuju permukiman penduduk.

"Warga menyakini bahwa itu tanda-tanda alam jika gunung mau meletus," katanya.

Dengan fenomena itu, kata Sukirman, warga harus benar-benar waspada. "Saya tetap percaya apa yang diyakini warga itu. Karena yang lebih dekat dan tahu kondisi alam di daerahnya," katanya.

Kendati demikian, Sukirman menyatakan pihaknya akan memastikan terlebih dahulu kebenaran tentang hewan yang mulai turun dari gunung. "Kita masih terus menguji kebenaran laporan dari warga itu," tegasnya.

Sukirman menambahkan, pihaknya bersama warga serta tim siaga lainnya terus memantau kondisi daerah kaki Gunung Kelud di Kabupaten Malang. "Karena status Gunung Kelud sudah siaga 3," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com