Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diancam Aksi, Pelantikan Soekarwo Dijaga Ketat

Kompas.com - 11/02/2014, 09:41 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Pola pengamanan ekstra ketat akan dilakukan polisi dalam pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur periode 2014-2019, Rabu (12/2/2014) besok di Surabaya.

Pengamanan tersebut menyusul rencana aksi besar-besaran dari pihak yang tidak puas dengan kemenangan pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf dalam Pilgub Jatim tahun lalu.

Selain menurunkan 3.000 personel polisi, sejumlah peralatan lengkap juga disiapkan di sekitar titik keramaian massa, yakni di Gedung DPRD Jatim di Jalan Indrapura Surabaya.

"Peralatan lengkap antara lain, Mobil Baracuda, Water Canon, Barier, Rantis, kendaraan Raimas (pengurai massa) dan sebagainya," kata Kepala bidang Humas Polda Jatim, Kombes Polisi Awi Setiyono, Selasa (11/2/2014).

Dia mengaku sudah mendapatkan laporan adanya rencana aksi massa menolak pelantikan. Namun dia berharap, tidak sampai mengganggu prosesi pelantikan.

"Kami akan kawal massa aksi, agar tidak sampai mengganggu proses pelantikan," tambahnya.

Selain di lokasi pelantikan, sejumlah titik kerawanan juga akan dijaga personel bersenjata lengkap, seperti di Gedung Negara Grahadi di Jalan Gubernur Suryo, Kantor Gubernur Jatim di Jalan Pahlawan, dan Kantor Pengadilan Negeri di Jalan Arjuno.

Selain dari Polda Jatim kata Awi, yang siaga di lokasi tersebut juga ada dari Polres Sidoarjo, Polres Gresik, dan Polres Bangkalan. Pelantikan akan dihadiri sekitar 3.000 undangan dari kalangan pejabat setingkat menteri, gubernur, bupati/walikota, pejabat parpol, tokoh masyarakat, dan massa pendukung.

Setelah proses pengambilan sumpah di Gedung DPRD Jatim, acara dilanjutkan di Gedung Negara Grahadi untuk acara orasi kebangsaan, dan pelantikan ketua PKK Jatim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com