Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Jamin Kotak Suara dan Bilik Suara Tak Rusak Sampai TPS

Kompas.com - 10/02/2014, 22:04 WIB
Deytri Robekka Aritonang

Penulis


KUNINGAN, KOMPAS.com
- Komisi Pemilihan Umum menjamin kotak suara dan bilik suara untuk Pemilu 2014 tidak rusak hingga tempat pemungutan suara (TPS). Kotak suara dan bilik suara itu dibungkus dengan plastik untuk menghindari kerusakan akibat basah karena hujan saat proses distribusi.

"Ini (kotak suara dan bilik suara baru) kan terbuat dari kardus semua. Tapi kami jamin tidak ada kerusakan sampai di TPS menjelang hari H pemungutan suara nanti," ujar Ketua KPU Kabupaten Kuningan Heni Susilawati di Kantor KPU Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Senin (10/2/2014).

Heni mengatakan, pihaknya juga akan memastikan logistik tiba di kantor kecamatan, kelurahan dan TPS dalam kondisi baik. Karena itu, katanya, distribusi dilakukan dengan terus membungkus logistik dengan kantong plastik.

Seluruh logistik kebutuhan pemilu di wilayahnya, kata dia, sudah siap di gudang, kecuali surat suara. Beberapa jenis logistik yang telah tersedia di antaranya bantalan paku, kotak suara dan bilik suara. Logistik itu telah tiba di gudang KPU sejak akhir Januari 2014.

Staf Teknis KPU Kabupaten Kuningan Husni Cecep Mubarok mengatakan, logistik juga disimpan di dalam gudang yang tertutup dan tidak tersiram air. "Gudangnya dipastikan tidak ada yang bocor. Apalagi ini musim hujan," kata Cecep.

Ketua KPU Husni Kamil Manik mengatakan, meski terbuat dari kardus, kotak suara sudah dilapisi plastik anti-air. Dengan begitu, kata dia, kotak suara tidak akan rusak meski terpapar air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com