Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KA Probowangi Kini Layani Rute Banyuwangi-Surabaya

Kompas.com - 10/02/2014, 15:21 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis


BANYUWANGI, KOMPAS.com
- PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional IX Jember Jawa Timur menambah rute perjalanan kereta api Probowongi. Sebelumnya Kereta Api Probowangi hanya melayani rute Banyuwangi - Jember - Probolinggo PP. Namun mulai Senin (10/2/2014) Kereta Api Probowangi melayani jurusan Banyuwangi-Surabaya.

Menurut Juru bicara PT KAI Daop IX Jember, Sugeng Turniawan kepada Kompas.com, penambahan rute menuju Surabaya dilakukan karena beberapa faktor, salah satunya adalah tidak adanya jadwal menuju Surabaya siang hari dari Banyuwangi.

"Selama ini perjalaan kereta api menuju Surabaya dari Banyuwangi hanya dilayani pada kereta api di pagi hari, yaitu kereta api Sritanjung dan kereta api Mutiara Timur. Jadi ini untuk peningkatan pelayanan kepada pengguna kereta api. Kereta berangkat dari Banyuwangi jam 12.30 Wib. Jadi jika selama ini, Kereta Api Probowangi stasiun terakhirnya Probolinggo, kali ini sampai Surabaya dengan harga tiket 38 ribu rupiah," jelasnya.

Sugeng juga menjelaskan, untuk harga tiket jalur Banyuwangi ke Jember masih sama, yaitu Rp 15.000 dan Banyuwangi-Probolinggo seharga Rp 18.000. "Sedangkan untuk Jember ke Surabaya 35 ribu dan Probolinggo ke Surabaya 20 ribu. Harga tersebut sudah kami sosialisasikan ke masyarakat pengguna kereta api," jelasnya.

Sementara itu, Eko Susanto, penjual tiket di Stasiun Karang Asem, Banyuwangi kepada Kompas.com menjelaskan, untuk hari pertama hanya ada 5 orang yang membeli tiket langsung ke Surabaya yang berangkat dari stasiun Karang Asem.

"Tapi dari data online, total penumpang yang dari Banyuwangi ke Surabaya ada 196 penumpang dewasa dan 23 anak-anak," jelasnya.

Eko susanto menjelaskan, Kereta Api Ekonomi Probowangi akan berangkat pukul 12.40 dari Stasiun Banyuwangi Baru dan tiba di Stasiun Gubeng Surabaya pukul 21.30 WIB. "Soasialisasi pada masyarakat yang masang banner di depan loket tiket. Dan sudah banyak yang pesan tiket langsung ke Surabaya untuk minggu-minggu ini," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com