Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sosialisasi Pemilu, KPU Manokwari Andalkan Relawan

Kompas.com - 10/02/2014, 13:49 WIB
Kontributor Kompas TV, Budy Setiawan

Penulis

MANOKWARI, KOMPAS.com -  25 orang relawan demokrasi, Senin (10/2/2014), menerima pembekalan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manokwari. Rekrutmen para relawan demokrasi tersebut untuk meningkatkan partisipasi pemilih yang setiap kali pelaksanaan pemilu angka partisipasi selalu menurun.

Pembekalan terhadap relawan demokrasi yang dilangsungkan di Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Manokwari, bertujuan untuk menyongsong Pemilihan Umum Anggota Legislatif (Pileg) tanggal 9 April tahun 2014 mendatang.

Pembekalan tersebut lebih kepada hal teknis dan bagaimana cara dalam menyosialisasikan kepada pemilih, seperti sosialisasi kepada kelompok agama, pinggiran, pemula, perempuan dan penyandang disabilitas.

Selain diberikan pemahaman seputar kepemiluan, 25 relawan demokrasi tersebut juga dibekali dengan pemahaman seputar tugas dan fungsinya oleh KPU Kabupaten Manokwari.

Komisioner KPU Kabupaten Manokwari, Abdul Muin Salewe, mengatakan perekrutan relawan demokrasi ini untuk meningkatkan partisipasi pemilih yang dalam kurun waktu tiga kali pelaksanaan Pileg angka partisipasinya menurun, dan kini hanya tersisa kurang lebih sekitar 70 persen pemilih.

“Para relawan demokrasi yang telah mendapatkan pembekalan materi pemilu, akan disebar diseluruh daerah pemilihan di Kabupaten Manokwari,” kata Muin.

Relawan ini dituntut dapat menyosialisasikan pada masyarakat agar menggunakan hak pilihnya pada pemilu 2014. Mereka dituntut bisa mendorong peran serta masyarakat untuk menyukseskan pemilu 2014. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com