Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CCTV Kawah Kelud Tertutup Kabut

Kompas.com - 08/02/2014, 20:35 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com - Pemantauan kawasan kawah Gunung Kelud, Jawa Timur, melalui kamera pengawas masih belum berjalan maksimal. Hal ini karena cuaca di lokasi diselimuti mendung dan kabut.

"Satu-satunya kendala hanya mendung dan kabut," kata Hendrasto, Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi saat turut memantau perkembangan Gunung Kelud melalui pos pantau yang ada di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Sabtu (8/2/2014).

Kamera pengawas itu baru dipasang pada Sabtu pagi tadi dan langsung beroperasi. Jumlahnya ada satu unit yang dipasang pada radius 500 meter dari lokasi kawah. Operasionalnya, kamera itu terhubung langsung dengan laman web milik Kementerian ESDM sehingga siapapun dapat mengaksesnya.

Sementara data seismik yang dihimpun dari pos pantau Gunung Kelud per tanggal 8 Pebruari 2014 mulai pukul 06.00 Wib sampai pukul 18.00 Wib terjadi 67 kali gempa vulkanik dalam, 94 kali vulkanik dangkal, serta 3 kali gempa tektonik jauh. Sedangkan suhu air mencapai 56,5 derajat Celcius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com