Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PVMBG Pasang CCTV untuk Pantau Gunung Kelud

Kompas.com - 08/02/2014, 15:31 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com — Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) memasang kamera pengawas di sekitar Gunung Kelud, Jawa Timur, untuk memantau aktivitas selama krisis.

Kepala Pusat PVMBG, Hendrasto, mengatakan, kamera pengawas itu akan dipasang dalam radius sekitar 500 meter dari kawah dan tepat menghadap kawah Kelud.

"Per hari ini sudah disiapkan pemasangannya," kata Hendrasto mengunjungi Pos Pantau Gunung Kelud di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Sabtu (8/2/2014).

Satu kamera CCTV tersebut untuk mengawasi kondisi kawah, terutama saat di masa krisis seperti saat ini. Hasil perekaman nantinya akan dapat dilihat langsung melalui laman web milik PVMBG.

"Fungsinya nanti sekaligus untuk menampik isu-isu tidak benar tentang Gunung Kelud yang beredar di masyarakat," kata dia.

Sementara itu, hingga saat ini status gunung yang mempunyai ketinggian 1.731 Mdpl dan terletak di perbatasan wilayah Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, serta Kabupaten Malang itu masih berstatus Waspada.

Data kegempaan yang dihimpun dari pos pantau per tanggal 7 Pebruari sampai 8 Februari jam 18.00 WIB sampai 06.00 WIB tadi pagi, terjadi 23 kali vulkanik dangkal, 58 vulkanik dalam, 9 kali tektonik jauh, serta suhu air mencapai 56,3 derajat celsius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com