Sabtu, 26 Juli 2014

News / Regional

PVMBG Pasang CCTV untuk Pantau Gunung Kelud

Sabtu, 8 Februari 2014 | 15:31 WIB
Kompas.com/M.Agus Fauzul Hakim Hendrasto, Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi, saat berkunjung di Pos Pengamatan Gunung Api Kelud di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Sabtu (8/2/2014).

KEDIRI, KOMPAS.com — Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) memasang kamera pengawas di sekitar Gunung Kelud, Jawa Timur, untuk memantau aktivitas selama krisis.

Kepala Pusat PVMBG, Hendrasto, mengatakan, kamera pengawas itu akan dipasang dalam radius sekitar 500 meter dari kawah dan tepat menghadap kawah Kelud.

"Per hari ini sudah disiapkan pemasangannya," kata Hendrasto mengunjungi Pos Pantau Gunung Kelud di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Sabtu (8/2/2014).

Satu kamera CCTV tersebut untuk mengawasi kondisi kawah, terutama saat di masa krisis seperti saat ini. Hasil perekaman nantinya akan dapat dilihat langsung melalui laman web milik PVMBG.

"Fungsinya nanti sekaligus untuk menampik isu-isu tidak benar tentang Gunung Kelud yang beredar di masyarakat," kata dia.

Sementara itu, hingga saat ini status gunung yang mempunyai ketinggian 1.731 Mdpl dan terletak di perbatasan wilayah Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, serta Kabupaten Malang itu masih berstatus Waspada.

Data kegempaan yang dihimpun dari pos pantau per tanggal 7 Pebruari sampai 8 Februari jam 18.00 WIB sampai 06.00 WIB tadi pagi, terjadi 23 kali vulkanik dangkal, 58 vulkanik dalam, 9 kali tektonik jauh, serta suhu air mencapai 56,3 derajat celsius.

Simak kembali catatan Ekspedisi Kompas Cincin Api “Kelud Revolusi Gunung Api” di edisi khusus epaper.kompas.com dan www.cincinapi.com.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim
Editor : Kistyarini