Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerbangan Komersial Sumenep-Surabaya Segera Dibuka

Kompas.com - 07/02/2014, 18:41 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis

SUMENEP, KOMPAS.com — Perjalanan singkat Sumenep-Surabaya akan segera terealisasi dengan pola penerbangan. Itu dipastikan setelah Bandara Trunojoyo, Sumenep, akan membuka layanan penerbangan yang diprakarsai Maskapai Trigana Air.

Maskapai itu melayani penerbangan Sumenep-Surabaya pergi pulang. Bupati Sumenep, Busyro Karim, menjelaskan, penerbangan perdana Trigana Air dari Bandara Trunojoyo menuju bandara internasional Juanda Surabaya tinggal menunggu waktu. Prosesnya sudah 99 persen dan tinggal administrasinya saja yang dilengkapi.

"Kemungkinan 3 bulan lagi penerbangan komersial perdana sudah bisa dimulai," kata Busyro Karim, Jumat (7/2/2014).

Sebelum penerbangan dilakukan, izin rute dari Kementerian Perhubungan terus dikawal Pemkab Sumenep. Selain itu, penambahan infrastruktur dan pemantapan landasan pacu terus dikebut.

"Butuh tambahan landasan pacu sepanjang 1.400 meter lagi. Yang sudah ada sudah 1.160 meter. Penambahan itu untuk landasan pesawat yang lebih besar lagi," kata Busyro.

Menurut Busyro, pembebasan tanah untuk penambahan landasan sudah rampung dilakukan Pemkab Sumenep. Untuk melayani penerbangan Sumenep-Surabaya, Trigana Air sudah menyiapkan dua jenis pesawat. Pesawat pertama berkapasitas 40 penumpang, sedangkan pesawat kedua 50 penumpang.

"Mudah-mudahan mobilitas warga Sumenep semakin cepat setelah dibukanya penerbangan komersial dari Surabaya dan sebaliknya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com