Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Wajibkan Peci Tiap Jumat biar Tambah Ganteng

Kompas.com - 07/02/2014, 13:22 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menetapkan hari Jumat di Bandung sebagai "Jumat Berpeci". Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, surat edaran telah disebarkan ke seluruh SKPD dan BUMD yang berada di bawah Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung hari ini, Jumat (7/2/2014).

Artinya, seluruh karyawan dan PNS Pemkot Bandung harus bekerja memakai peci (songkok) hitam setiap hari Jumat.

"Belum jadi perwal (peraturan wali kota), baru edaran aja," kata Emil saat ditemui di Kantor Pemkot Bandung, Jumat (7/2/2014).

Lebih lanjut, Emil menjelaskan, penetapan hari Jumat sebagai "Jumat Berpeci" adalah untuk menunjukkan identitas laki-laki Kota Bandung.

Menurut Emil, peci atau songkok tidak ada hubungannya dengan agama. "Karena menurut Bung Karno, peci itu identitas laki-laki Indonesia. Bukan peci putih atau peci yang macam-macam. Dan itu tidak ada hubungannya dengan agama Islam. Musim dan non-Muslim bisa pakai," ujar Emil.

Berdasarkan penelitian, kata Emil, laki-laki yang menggunakan peci atau songkok akan terlihat lebih tampan. "Biasanya kegantengannya meningkat sekian persen," kelakarnya.

Emil berharap, tidak hanya pegawai Pemkot Bandung saja yang memakai peci hitam setiap Jumat. Inginnya, sambung Emil, warga bisa mengikuti.

"Saya, sih, inginnya semua urusan warga menuruti. Tapi, kan, kapasitas kita hanya bisa mengimbau. Jadi, urusan wajib ke PNS, urusan sunah ke warga Bandung," cetusnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com