Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk, Bantuan Bencana Tak Bisa Diangkut

Kompas.com - 04/02/2014, 12:55 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Meski dihantam cuaca laut yang buruk, tim bantuan kemanusiaan yang dipimpin Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Tenggara akhirnya tiba di lokasi bencana di desa Bombai, Kecamatan Kei Besar Kabupaten Maluku Tenggara, Selasa (4/2/2014).

Kedatangan tim penanggulangan bencana ini tidak membawa serta bantuan yang dibutuhkan bagi ribuan warga yang terkena dampak bencana banjir bandang, banjir rob serta tanah longsor di empat kecamatan di Pulau Kei Besar.

“Saat ini kita bersama tim lainnya sudah berada di Desa Bombai, Kecamatan Kei Besar. Kita tadi naik speedboat gelombangnya masih cukup besar,” kata Pelaksana Kepala BPBD Maluku Tenggara, Muksin Ingratubun dihubungi dari Ambon, Selasa siang.

Dia mengaku belum dapat membawa bantuan ke lokasi bencana lantaran cuaca laut yang masih sangat buruk. Namun dia memastikan bantuan bagi korban bencana di Pulau Kei Besar segera dibawa jika kondisi cuaca mulai membaik.

"Kita masih mendata sejumlah kerusakan infrastruktur yang rusak. Kalau sebentar cuaca bisa memungkinkan bantuan akan segera dibawa,” kata dia.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, banjir rob disertai angin kencang yang menerjang puluhan desa di empat kecamatan di Maluku Tenggara, Senin (3/2/2014) mengakibatkan ratusan rumah warga rusak.

Ribuan warga juga dilaporkan mengungsi ketempat aman. Selain banjir rob, banjir bandang juga merusak 36 rumah warga dan merobohkan dua jembatan di dua kecamatan di kabupaten itu. Tidak hanya itu hujan deras disertai cuaca buruk juga menyebabkan tanah longor yang menghancurkan lima rumah warga. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com