Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Rencana Evakuasi jika Gunung Kelud Erupsi

Kompas.com - 03/02/2014, 21:53 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com — Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, telah menyiapkan rencana evakuasi jika sewaktu-waktu Gunung Kelud meletus. Prioritas evakuasi dilakukan terhadap warga di desa yang paling dekat dengan titik aktivitas Kelud.

"Berdasarkan pertemuan dengan warga maupun jajaran kepolisian, Danramil, dan beberapa pihak lainnya, hasilnya ada beberapa rencana evakuasi," kata Ngaseri, Camat Ngancar, Senin (3/2/2014).

Ngaseri menambahkan, beberapa desa yang berlokasi paling dekat dengan Gunung Kelud adalah Desa Sugihwaras, Desa Babadan, serta Desa Sempu. Semua desa itu berada di wilayah Kecamatan Ngancar.

Untuk Desa Sempu, titik evakuasi dilakukan di Balai Desa Sugihwaras, SDN Sugihwaras, serta gereja setempat. Untuk Desa Sempu, titik evakuasi berada di mushala Sumber Petung, Balai Desa Sumber Petung, Dusun Ringin Sari, serta Balai Desa Sempu.

Sedangkan untuk Desa Babadan, titik evakuasi ada di lapangan Dusun Sanding, Balai Desa Babadan, serta TK Dusun Tegal Rejo. Dari titik evakuasi itu, warga akan diberangkatkan menuju lima tempat pengungsian yang semuanya terletak di Kecamatan Wates, yaitu di Lapangan Segaran, Lapangan Tawang, Lapangan Duwet, Balai Desa Jajar, serta Balai Desa Gadungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com