Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Bandung Bakal Pakai Sepeda untuk Patroli

Kompas.com - 03/02/2014, 19:42 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil mengimbau kepada pihak kepolisian untuk meningkatkan budaya bersepeda. Menurutnya, Pemerintah Kota Bandung bersama Polrestabes Bandung tengah menyiapkan konsep polisi bersepeda.

"Selain sehat kan, hemat BBM juga. Pemakaiannya untuk patroli rutin jarak dekat saja," kata Ridwan saat ditemui di Markas Polrestabes Bandung, Senin (3/2/2014).

Ridwan menambahkan, program tersebut sudah masuk ke anggaran pemerintah untuk bantuan kepada Polrestabes Bandung. Namun demikian, Ridwan berjanji akan mencari lagi perusahaan-perusahaan di kota Bandung yang akan memberi bantuan berupa sepeda.

"Dana hibah dari pemkot sebesar Rp 10 miliar untuk seluruh urusan. Tapi banyak juga yang mau bantu polisi, tidak harus selalu dari APBD. Saya tinggal telepon pengusaha, yang mau bantu bisa langsung ke polisi," bebernya.

Di tempat yang sama, Kepala Polrestabes Bandung, Kombes Mashudi menambahkan, polisi bersepeda akan sangat efektif untuk membantu pengamanan di beberapa lokasi seperti Car Free Night. Kegiatan ini ke depan akan dilaksanakan di setiap kecamatan.

"Polisi berseragam menggunakan sepeda ini salah satu kombinasi baik," tegasnya.

Selain itu, polisi bersepeda juga dianggap efektif untuk melaksanakan patroli di daerah-daerah yang dekat dengan kantor polisi. "Minimal 500 meter di radius polsek-polsek. Jumlah ideal setiap polsek ada 10 sampai 15 sepeda," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com