Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk, 4 Kecamatan di Maluku Tenggara Terisolasi

Kompas.com - 03/02/2014, 17:07 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Empat kecamatan di Kabupaten Maluku Tenggara, yakni Kecamatan Kei Besar, Kei Besar Selatan, Kei Besar Barat dan Kei Besar Utara Timur hingga kini masih terisolasi akibat cuaca buruk dan tinggi gelombang di wilayah tersebut, Senin (3/2/2014).

Pelaksana Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maluku Tenggara, Muhtar Ingratubun mengatakan, hingga kini tim bantuan kemanusiaan yang terdiri dari berbagai unsur belum dapat masuk ke empat kecamatan itu karena terhalangi cuaca buruk dan tinggi gelombang.

“Empat kecamatan itu saat ini masih terisolasi. Bantuan dan tim belum bisa masuk ke sana karena cuaca sangat buruk,” kata Muhtar.

Dia mengungkapkan, kondisi angin masih sangat kencang, selain itu gelombang di perairan Pulau Kei juga sangat berbahaya untuk dilalui kapal laut, sehingga tidak ada transportasi laut yang berani berlayar.

“Tinggi gelombang saat ini mencapai 4 meter. Selain itu, angin bertiup kencang dengan kecepatan 40 kilometer per jam. Jadi tidak ada kapal yang berani berlayar,” ujarnya.

Empat kecamatan yang diterjang musibah tersebut berada di Pulau Kei Besar. Untuk mencapai empat kecamatan itu butuh tiga jam perjalanan melalui laut dengan menggunakan kapal cepat dan speed boat dari dari Langgur, Ibu Kota Maluku Tenggara.

“Kita berharap cuaca laut normal kembali agar bantuan dan tim bisa segera masuk ke sana,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com