Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor di Maluku Tenggara, Lima Rumah Hancur

Kompas.com - 03/02/2014, 16:09 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Hujan lebat disertai cuaca buruk yang terjadi sejak tiga hari terakhir menyebabkan lima rumah hancur tertimpa longsor di dua desa di Kecamatan Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara, Senin (3/2/2014).

Pelaksana Kepala BPBD Kabupaten Maluku Tenggara, Muhtar Ingratubun, kepada Kompas.com, saat dihubungi dari Ambon mengatakan, bencana tanah longsor ini terjadi di Desa Elat dan Desa Hor, Kecamatan Kei Besar. Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu, tetapi lima rumah warga rusak parah.

“Data sementara yang kami terima, ada tiga rumah warga rusak parah karena tertimpa longsor di Desa Elat dan dua rumah lagi di Desa Hor,” ungkapnya.

Selain longsor, musibah banjir rob dan banjir bandang juga menerjang sejumlah kecamatan di Kabupaten Maluku Tenggara. Akibat bencana itu, ratusan rumah warga rusak parah. Selain itu, dua buah jembatan juga dilaporkan terputus akibat musibah tersebut.

Musibah ini juga memaksa ribuan warga mengungsi ke sejumlah tempat yang dianggap aman seperti rumah ibadah, lokasi sarana kesehatan, dan rumah-rumah warga lainnya.

Menurut Muhtar, hingga kini pihaknya belum bisa mengunjungi lokasi bencana lantaran transportasi baik laut maupun darat masih terkendala cuaca buruk. "Kita berharap cuaca laut dapat membaik dan normal kembali agar kita bisa segera ke sana," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com